SELAMAT DATANG DI BERITAHUYANGLAIN.BLOGSPOT.COM, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA.

Analisa Perbedaan Bentuk Knalpot 2-tak dan 4-tak

 

Agar gas buang dikeluarkan dengan suara yang halus, maka dipasanglah knalpot pada sepeda motor. Knalpot dirancang sedemikian rupa agar knalpot dapat menampung gas buang dan meredam suara dari gas buang sehingga tidak memekakan telinga.

Panjang kanlapot dari tiap-tiap sepeda motor berbeda-beda, maka perubahan pada knalpot sepeda motor akan mempengaruhi tenaga mesin dari sepeda motor tersebut. Konstruksi knalpot sepeda motor 4 tak dan 2 tak berbeda.

Pada knalpot sepeda motor 2 tak ,terdiri atas 2 bagian yang disambungkan dengan ulir sehingga mudah untuk dilepas. Adapun pelepasan salah satu bagian dari knalpot 2 tak adalah untuk mempermudah dalam membersihkannya , karena gas buang dari sepeda motor 2 tak mengandung oli. Yang mana dalam proses pembakaran di ruang bakar , oli juga ikut terbakar. Sehingga knalpot sepeda motor 2 tak cenderung lebih cepat kotor dibanding knalpot sepeda motor 4 tak.

Sementara knalpot sepeda motor 4 tak hanya terdiri atas satu bagian saja, dan dalam pembersihannya lebih mudah karena oli tidak ikut terbakar.


Gambar: Knalpot Motor 4 tak


Dalam mesin 2tak knalpot merupakan bagian dalam sistem pembakaran, dimana pengaruhnya bisa 40% terhadap performa hasil pembakaran. efesiensi volumetrik mesin 4tak saat ini hanya 85% dari kapasitas mesin, artinya misal mesin 100cc, volume udara yg paling besar bisa dihisap hanya 85cc itupun kalo mekanismenya sehat (tdk ada bocor). kecuali kalo ditambah turbo, udara seolah dipaksa masuk lebih banyak melebihi 100%. tabung difusser pada 2tak memberikan efek back pressure yg sangat pengaruh terhadap pembakaran selanjutnya. 

Bila perhitungannya tepat dalam pembuatan knalpot maka efesiensi volumetrik yg bisa diraih oleh mesin 2tak mencapai 125%-165% dari volume mesin, apalgi di putaran atasnya. Misal mesin 100cc 2tak maka udara yg dihisap bisa mencapai 165cc, menakjubkan bukan ????

Tetapi efek ini membuat powerband sempit. knalpot model kolong pada RX-king bisa membuat RPM naik diatas 12000 rpm dan itu tanpa perubahan di karbu atau pistonnya. sedangkan model kalajengking lebih tinggi lagi. tetapi ada yg menarik pada model udang/motokros, model ini bisa memuntahkan torsi dan power puncak pada RPM rendah dan agak tertahan pada RPM atas.


Pada knalpot 2 tak memiliki bucncit atau dia diffuser.


Gambar: Knalpot Motor 2-tak


Diffuser (bagian membuncit) itu berfungsi untuk menyimpan gas buang sementara untuk digunakan kembali saat pembilasan,seperti kita tau Kawasaki ninja 150 yang memiliki teknologi KIPS nya telah berhasil mengoptimalkan fungsi Diffuser ini secara lebih efektif dengan alat dimaksud. coba deh knalpot 2tak manapun dirubah konstruksinya seperti 4tak, dijamin tidak bakalan ada tenaganya.
Analisa Perbedaan Bentuk Knalpot 2-tak dan 4-tak 4.5 5 Unknown Agar gas buang dikeluarkan dengan suara yang halus, maka dipasanglah knalpot pada sepeda motor. Knalpot dirancang sedemikian rupa agar knal...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
//add jQuery library //add jQuery library