SELAMAT DATANG DI BERITAHUYANGLAIN.BLOGSPOT.COM, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keausan pahat

 


Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keausan pahat antara lain :

§ Pemakanan pahat pada Benda Kerja yang bahannya lebih keras disbanding pahat potong.
Pemakaian pahat harus disesuaikan dengan benda kerja yang akan dibubut. Pahat haruslah terbuat dari bahan yang keras dan kuat dari pada bahan benda kerja. Jika benda kerja terlalu keras, pahat akan mudah aus dan retak karena harus memotong bahan yang keras.

§ Kecepatan Putar benda kerja yang terlalu tinggi.
Pengerjaan pada bubut, yaitu pahat melakukan pemakanan/pemotongan pada benda kerja yang berputar/berotasi pada sumbunya. Jika putaran benda kerja terlalu tinggi, maka pahat harus memakan/memotong benda kerja yang berputar sangat cepat. Hal ini dapat menyebabkan pahat cepat aus kerana gaya yang harus dilawan terlalu besar.

§ Penggunaan Fluida Pendingin yang tidak efisien.
Fluida termasuk salah satu bagian utama mesin bubut. Fluida berguna bagi benda kerja dan pahat pada saat proses pengerjaan berlangsung. Pada pemotongan/pemakanan, fluida harus disemprotkan langsung pada bagian yang terpotong. Jika bagian yang terpotong tidak didinginkan oleh fluida, dalam hal ini tidak mengenai bagian yang terpotong, selain tidak efisien juga dapat menimbulkan panas akibat gesekan. Pengaruhnya terhadap pahat bias mempercepat terjadinya keausan.

§ Adanya kerak-kerak padapermukaan benda kerja.
Tidak menutup kemungkinan pada benda kerja yang dikerjakan terdapat kerak-kerak pada permukaannya, yaitu bagian kasar yang melekat pada permukaan logam yang berbeda dari bahan murni logam tersebut. Bila pemakanan pahat mengenai kerak ini, bisa menimbulkan keausan mata pahat.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keausan pahat 4.5 5 Unknown Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keausan pahat antara lain : § Pemakanan pahat pada Benda Kerja yang bahannya lebih keras disba...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
//add jQuery library //add jQuery library