SELAMAT DATANG DI BERITAHUYANGLAIN.BLOGSPOT.COM, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA.

Manusia Pertama, Manusia Purba Atau Adam?

 

Jika disebutkan semua hal yang belum ada akhirnya hingga saat ini, mungkin perdebatan inilah yang menjadi jawaranya.
Siapakah manusia pertama yang hidup di bumi? Apakah Manusia Purba ataukah Adam.

Perdebatan ini muncul sebelum adanya teori Darwin yang menambah rangkaian perdebatan dimana hingga saat ini ada banyak teori yang saling membantahkan mengenai siapa manusia pertama.

Dalam beberapa agama, kisah mengenai Adam dan Hawa berbeda-beda, bisa dilihat dari jumlah anak-anak Adam, ada yang mengatakan Adam mempunyai 3 orang anak, yaitu Kain Habel dan Seth. Namun ada pula yang menyebutkan anak-anak Adam berjumlah 40 orang. 

ilustrasi Adam dan Hawa

Dari kisah yang ada di beberapa kitab suci, manusia pertama adalah Adam kemudian disusul oleh Hawa, Namun dari sisi ilmu pengetahuan manusia pertama adalah manusia purba. Lalu manakah sisi yang benar? kitab atau ilmu pengetahuan?? Karena secara logika selama ini tidak mungkin kitab suci memuat hal yang salah.

Manusia purba tertua yang pernah di temukan adalah Pithecantropus Erectus (keluarga homo=manusia) yang ditemukan di dekat lembah bengawan solo pada tahun 1890, namun pada penelitian selanjutnya ditemukan fosil Megantropus Palaeojavanicus yang diyakini jauh lebih tua dari pada Pithecantropus.

Namun demikian, pada tahun 1950-an dan 1970-an, beberapa fosil yang ditemukan di Kenya, Afrika Timur, ternyata menunjukkan bahwa hominins memang berasal dari benua Afrika. Sampai saat ini para ilmuwan mempercayai bahwa Erectus adalah keturunan dari makhluk mirip manusia era awal seperti Australopithecus dan keturunan spesies Homo awal seperti Homo habilisHomo erectus dipercaya berasal dari Afrika dan bermigrasi selama masa Pleistocene awal sekitar 2,0 juta tahun yang lalu, dan terus menyebar ke seluruh Dunia dalam waktu Lama hingga mencapai Asia Tenggara.

homo erectus

Dari penelitian yang telah dilakukan, bahwa nenek moyang manusia modern adalah Homo Erectus.

Namun sebelumnya ada teori yang mengagetkan dunia yang mengatakan bahwa manusia modern adalah hasil evolusi. Dialah Charles Darwin dengan teori evolusinya.

Dalam bukunya disebutkan teori ilmiah bahwa makhluk hidup berevolusi (berubah secara berangsur-angsur) dari generasi ke generasi melalui proses seleksi alam. Dalam teori evolusi dijelaskan juga bahwa manusia memiliki nenek moyang yang sama dengan monyet. Isi buku ini menimbulkan kontroversial karena menentang teori penciptaan menurut kepercayaan agama yang menyatakan bahwa makhluk hidup termasuk manusia diciptakan secara tiba-tiba dalam bentuk yang sempurna dan tidak berubah wujudnya sejak awal penciptaan.

evolusi manusia, teori Darwin


Dalam bukunya ini juga disebutkan:

  1. Evolusi terjadi di alam.
  2. Perubahan evolusioner terjadi secara perlahan-lahan (gradual) dalam tempo ribuan sampai jutaan tahun. Proses yang menyebabkan perubahan ini menghasilkan populasi yang perlahan-lahan bisa beradaptasi dengan lingkungan, dan pada akhirnya, setelah berlangsung secara terus-menerus akan terbentuk keragaman yang baru, dan akhirnya menjadi spesies baru.
  3. Mekanisme utama dalam terjadinya evolusi adalah satu proses yang disebut seleksi alam. Individu yang selamat kemungkinan besar akan menurunkan ciri-ciri yang dimilikinya kepada generasi berikutnya.
  4. Jutaan spesies yang hidup dewasa ini berasal dari satu bentuk kehidupan asli tunggal melalui proses pencabangan yang dikenal dengan nama spesiasi (speciation).

Ada yang menyebutkan bahwa manusia purba lebih dahulu ada dibumi daripada Adam. Itu dilihat dari penelitian awal yang mengatakan Adam hidup di bumi pada 200.000 tahun lalu. Namun kemudian dibantahkan bahwa Adam sebenarnya hidup dibumi 209.000 tahun yang lalu.

Jika penelitian ini dibandingkan dengan penelitian terhadap manusia purba, jelas manusia purba jauh lebih dulu ada di bumi, dikarenakan mereka hidup jutaan tahun yang lalu.

Namun yang menjadi perdebatan kini adalah adanya  penelitian Dr Eran Elhaik dari University of Sheffield dan Dr Dan Graur dari University of Houston berpendapat tak hanya ada satu 'Adam' dan 'Hawa' melainkan sekelompok 'Adam' dan 'Hawa' yang hidup berdampingan dan dan mengembara bersama-sama di dunia." 
Masih ada Adam dan Hawa lainnya selain yang kita ketahui selama ini.

Dan pada akhirnya banyak yang mengatakan bahwa Manusia purba lebih dahulu berada dibumi dari pada Adam dan Hawa, dikarenakan oleh faktor berikut:
  1. Dari penelitian yang dilakukan, umur atau masa hidup manusia purba lebih tua dibanding kehidupan Adam.
  2. Adanya Kejadian tabrakan meteor dengan bumi yang disebut memusnahkan kehidupan makhluk hidup dibumi saat itu.
  3. Dalam kitab suci, disebutkan bahwa Adam diciptakan di Taman Firdaus, yang kemudian memakan buah terlarang sehingga diusir dan ditempatkan di bumi.

Jadi untuk mengatakan siapa manusia pertama, itu tergantung dari pemahaman anda. 

up from:
Manusia Pertama, Manusia Purba Atau Adam? 4.5 5 Unknown Jika disebutkan semua hal yang belum ada akhirnya hingga saat ini, mungkin perdebatan inilah yang menjadi jawaranya. Siapakah manusia per...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
//add jQuery library //add jQuery library